Cara Mengecek Tagihan dan Membayar Iuran BPJS Kesehatan

BPJS (Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan sangat populer di masyarakat Indonesia. Dimana, BPJS merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat amanah dari pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

BPJS Kesehatan ini juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan sistem jaminan sosial nasional di bidang kesehatan.

Pemerintah yang merupakan pihak penyelenggara program ini benar-benar memperhatikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan oleh BPJS tersebut. Tentunya hal ini dilakukan supaya masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau serta prosesnya lebih cepat.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Lantas bagaimana cara mengecek BPJS Kesehatan seperti tagihan iuran BPJS? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini :

Bisa Online ataupun Offline, Ini 7 Cara Melihat Status BPJS Kesehatan
source gambar : popbela.com

Melakukan Pengecekan Melalui Website Resmi BPJS

Melalui website resmi BPJS Ini merupakan cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan onlineyang bisa anda lakukan dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini anda cukup mengklik situs resmi BPJS Kesehatan, yaitu http:///bpjs-kesehatan.go.id. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya :

  • Klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” pada halaman utama sebelah kiri.
  • Setelah itu akan muncul halaman baru, disana anda akan diminta untuk mengisi 2 kolom yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal lahir anda sebagai pemegang kartu BPJS Ksehatan tersebut.
  • Lalu masukkan angka validasi yang tertera disana. Lalu klik “Cek”. Secara otomatis rincian pembayaran anda akan muncul pada layar. Rincian tersebut meliputi pembayaran yang sudah dilakukan dan tagihan yang belum dibayarkan.

Melakukan Pengecekkan Melalui SMS Gateway

Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui layanan SMS. Cara layanan SMS Gateway ini akan bisa memudahkan anda serta pengguna BPJS Kesehatan lainnya yang tidak atau jarang menggunakan layanan internet dalam kesehariannya.

Layanan SMS Gateway ini bisa anda akses melalui jaringan seluler di nomor 08777 5500 400. Dengan mengakses nomor tersebut, anda bisa mengetahui berbagai informasi mengenai layanan BPJS Kesehatan, termasuk jumlah tagihan yang anda bayarkan serta jumlah denda yang dikenakan jika anda melakukan penunggakkan pada bulan-bulan sebelumnya.

Perlu anda ketahui bahwa informasi mengenai tagihan anda tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu kartu identitas diri anda, seperti Nomor Induk Pegawai, Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang anda miliki. Dalam hal ini, gunakan salah satu kartu identitas diri anda tersebut guna mengetahui jumlah tagihan iuran bulanan BPJS Kesehatan anda. Adapun caranya sebagai berikut : 

Misalnya anda menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Tagihan <spasi> Nomor Induk Kependudukan

Contoh : Tagihan 459877322990912, lalu kirim ke 08777 5500 400.

Cara Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

  • Kantor BPJS Kesehatan

Bagi anda yang berdomisili yang berdekatan dengan Kantor BPJS Kesehatan, tentunya anda bisa langsung datang ke kantor tersebut dan melakukan pembayaran di loket pembayaran yang tersedia disana.

  • Melalui ATM BCA, BTN, Bank Mandiri, BNI, dan BRI

Selain langsung ke kantor BPJS Kesehatan, anda juga bisa melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, maupun BCA. Cara pembayarannya juga akan jauh lebih mudah karena anda tidak perlu antri seperti membayar di loket pembayaran kantor BPJS.

Loket Pembayaran Multitagihan

Mungkin anda sudah kenal dengan loket pembayaran ini, karena memang loket pembayaran ini sangat mudah ditemukan di sekitar anda. Awalnya loket ini hanya menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik, PDAM, dan telepon. Namun kini, sebagian besar loket pembayaran Multitagihan ini telah menyediakan layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *