Haruskah Bisnis TI Saya Menggunakan Google Plus

Haruskah Bisnis TI Saya Menggunakan Google Plus

Bulan sejak peluncurannya, dan sementara Google+ dengan cepat menjadi salah satu Jejaring Sosial paling populer – tampaknya tidak terlalu banyak perusahaan TI yang menggunakan Layanan Jasa Pajak Bulanan Jakarta.

Google+ adalah terobosan terbaru Google ke pasar Jejaring Sosial. Google telah mencoba ini sebelumnya (ingat Google Buzz atau Google Wave?) tetapi banyak orang telah menghapus upaya terbaru mereka karena mencoba menduplikasi Facebook yang sangat sukses.

Tetapi apakah Google+ hanyalah versi Google dari Facebook, atau adakah yang lebih dari itu?

Selanjutnya, mengapa perusahaan IT – yang sudah mulai sibuk mencoba menggunakan LinkedIn, Twitter, dan Facebook – menginvestasikan waktu di platform baru lainnya?

Mari kita lihat mengapa Google+ harus menarik bagi bisnis TI Anda.

Lingkaran Google

Fokus utama Google+ adalah seputar memposting pembaruan ke “Aliran” Anda – mirip dengan pembaruan status Facebook.

Sementara Facebook baru-baru ini menambahkan fitur untuk memungkinkan Anda membatasi siapa yang melihat pembaruan status tertentu, Google+ memungkinkan Anda menambahkan teman dan kontak ke dalam “Lingkaran”. Anda dapat membuat lingkaran sebanyak yang Anda suka, dan menambahkan orang ke beberapa lingkaran jika Anda mau. Misalnya, saya memiliki rekan bisnis yang juga teman, jadi saya menambahkan mereka ke lingkaran “Teman” dan lingkaran “Bisnis Inggris” saya.

Gagasan di balik lingkaran adalah Anda dapat membagikan pembaruan yang hanya dapat dilihat oleh lingkaran tertentu.

Misalnya, ketika berbagi pembaruan aliran tentang acara TI Australia, saya menyadari ini tidak akan menarik bagi semua orang yang membaca aliran saya, jadi saya membatasi pembaruan aliran ke lingkaran “Komunitas TI UKM Australia” saya.

Anda juga dapat membagikan pembaruan aliran sebagai “publik”, artinya siapa pun dapat membaca pembaruan tersebut. Pikirkan pembaruan Twitter di sini. Tidak seperti Facebook, Anda tidak harus “berteman” dengan seseorang – jadi saya mungkin menambahkan seseorang ke lingkaran saya, artinya saya dapat melihat pembaruan aliran publik mereka – tetapi mereka tidak harus membalas dan menambahkan saya ke salah satu dari mereka lingkaran kecuali mereka memilihnya.

Anda juga dapat memfilter aliran bacaan Anda sehingga Anda hanya melihat pembaruan tertentu.

Lingkaran adalah konsep yang menarik dan bisa sangat berguna. Berharap untuk melihat Facebook menerapkan sesuatu yang tidak terlalu berbeda ke dalam fitur pembaruan status mereka di masa mendatang.

Untuk perusahaan TI, Circles menawarkan peluang besar untuk terlibat dengan klien, prospek, rekan bisnis lokal, vendor, pemasok, dan komunitas TI Anda yang lebih luas – berbagi konten yang relevan dengan setiap grup tanpa membebani satu grup dengan konten yang akan mematikan mereka.

Bisnis di ruang UKM sangat terfokus pada hubungan – dan Google+ menawarkan cara yang bagus untuk menciptakan dan memelihara hubungan di berbagai saluran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *