Informasi Seputar Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang terdiri dari dua tim yang mana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain dan beberapa pemain cadangan. Olahraga ini memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan olaharga lainnya. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika bermain olahraga sepakbola.

Sepakbola mampu menarik banyak perhatian dari penduduk di dunia, diantara mereka bahkan mengaggumi salah satu tim dan pemain yang menjadi kebanggan. Bahkan ajang kompetisi sepakbola ini kerap digelar dalama acara bergengsi, sehingga tidak heran banyak yang berminat menekuni oleharaga yang satu ini. Namun tidak banyak yang tahu tentang ukuran lapangan sepak bola internasional yang digunakan dalam pertandingan.

Dalam hal ini ada dua jenis ukuran lapangan yang biasa digunakan yakni standar nasional dan internasional. Untuk skala nasional ukurannya lebih kecil ketimbang yang berskala internasional. Karena untuk jenis pertandingan nasional hanya dilakukan di dalam negeri dan pertandingan internasional dilakukan di luar negeri. Kedua jenis lapangan ini telah memenuhi standar yang ditentukan oleh federasi FIFA.

Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Internsional

Ukuran lapangan sepakbola secara umum memiliki panjang 90 meter sampai 120 meter, dan lebar 45 sampai 90 meter. Namun untuk ukuran lapangan sepakbola internasional memiliki ukuran standar yang sedikit berbeda seperti panjangnya 100 sampai 110 meter dan lebar 64 sampai 75 meter. Ukuran tersebut telah sesuai dan disepakati oleh berbagai pihak yang terlibat.

Lapangan sepak bola internasional ini sering kita jumpai dalam pertandingan sepakbola antar negara di dunia atau piala dunia dan turnamen resmi lainnya. Ukuran lapangan harus dibuat sesuai dengan standar internasional menyesuaikan dengan kriteria permainan yang ada. Bagi anda yang ingin mengetahui ukuran secara detail mengenai lapangan tersebut yakni sebagai berikut.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional & Internasional FIFA
source gambar : tutorian21.com

Ukuran lapangan sepak bola internasional itu antara lain panjang lapang sepakbola minimal 100 sampai 110 meter, lebarnya minimal 64 sampai 75 meter.sementara untuk radius lingkaran tengah yakni 9.15 meter dan diameter tengah 18.30 meter. Untuk ukuran kotak kiper panjang 18.30 meter dan lebar 16.5 meter. Sedangkan untuk panjang gawang yakni 77,32 meter dan tinggi gawang 2.44 meter, jarak titik penalty dari garis gawang yakni 11 meter.

Ukuran tersebut sudah disesuaikan dengan standard dan uji coba yang berlaku. Mengapa demikian? Karena untuk kelas piala dunia atau pertandingan antar negara, tinggi rata-rata pemain orang luar negeri berbeda dengan tinggi rata-rata pemain dalam negeri. Sehingga harus ada standard dan kriteria khusus pada lapangan sepakbola berikut dengan perlengkapan dan aturan yang ada di dalamnya.

Itulah ulasan singkat tentang ukuran lapangan sepak bola internasional yang biasa digunakan dan ditemukan dalam setiap pertandingan kelas dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *