Kenali Beberapa Perlengkapan Olahraga Saat Bermain Futsal

Bermain olahraga futsal merupakan alternatif terbaik bagi yang senang dengan olahraga sepak bola. Futsal sendiri sudah menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat populer. Futsal ini sebenarnya olahraga yang mirip dengan sepak bola. Tapi untuk futsal, tidak membutuhkan lapangan luas, lapangan futsal lebih kecil serta jumlah pemain futsal juga lebih sedikit. Bukan hanya itu, futsal ini juga dimainkan dalam ruangan meski beberapa ada yang memiliki nuansa outdoor. Hal ini yang menjadikan olahraga futsal lebih sering dipilih daripada bermain sepak bola pada umumnya.

Beberapa Perlengkapan Olahraga Futsal

Ada beberapa perlengkapan umum yang biasa digunakan pada saat bermain futsal. Berikut ini akan dibahas apa saja barang di toko perlengkapan futsal tersebut.

  1. Sepatu

Tentunya bermain futsal tetap harus memakai sepatu. Olahraga futsal umumnya dilakukan di lapangan keras, sehingga harus menggunakan sepatu supaya kaki tetap terlindungi. Perlu kita ketahui juga bahwa sepatu untuk futsal ini berbeda dengan jenis sepatu bola biasa. Sepatu untuk sepak bola mempunyai pull pada bagian bawahnya supaya kaki bisa mudah bergerak terutama di rumput. Berbeda dengan sepatu untuk futsal yang mempunyai telapak datar dan juga bertekstur supaya kaki bisa bergerak bebas pada lapangan futsal. Selain sepatu futsal, tentu ada ragam perlengkapan futsal lainnya.

  • Sarung Tangan Untuk Kiper

Untuk penjaga gawang atau keeper, maka sarung tangan merupakan perlengkapan yang sangat perlu hukumnya. Bukan hanya untuk bisa melindungi tangan saja, sarung tangan juga bisa membuat kiper mudah menangkap bola. Jari-jari tangan pun tak akan terasa sakit ketika menghampiri bola yang datang. Anda yang menjadi keeper maka perlu mempertimbangkan dengan baik kualitas sarung tangan ini. Sarung tangan harus mempunyai sirkulasi baik agar nantinya tangan anda tetap kering.

  • Jersey

Di dalam futsal, baju jersey ini memiliki fungsi sebagai penanda apakah itu kawan atau lawan. Tanpa memakai jersey, maka Anda tentu akan bingung mengoper bola dikarenakan kawan dan juga lawan tak ada beda jelasnya. Bukan hanya itu, jersey juga bisa membuat tampilan kita menjadi lebih keren pada saat bermain bola futsal. Jersey dengan bahan berkualitas juga bisa membuat kita lebih nyaman pada saat bermain. Usahakan memilih jersey futsal yang mempunyai sirkulasi udara terbaik. Sehingga tidak akan membuat tubuh gerah pada saat  sedang berkeringat deras.

  • Bola

Agar bisa bermain futsal, tentu harus digunakan bola. Bola ini merupakan elemen penting pada banyak olahraga termasuk di dalam olahraga atau permainan futsal. Meski bola futsal memiliki bentuk hampir serupa dengan bola sepak biasa. Namun bola untuk futsal dengan bola sepak mempunyai beberapa perbedaan. Ada salah satunya yaitu dari segi ukuran. Bola khusus futsal mempunyai ukuran lebih kecil. Bola futsal tidak mudah mantul juga yang menjadi pembeda jelas lainnya dengan bola sepak biasa. Bola sepak tentu bisa dengan mudah mantul sementara bola futsal hampir tidak bisa memantul. Hal ini diperuntukkan agar cocok dan nyaman dimainkan pada lantai futsal yang cenderung lebih keras.

  • Celana

Ada lagi perlengkapan untuk futsal yang selanjutnya yaitu celana. Celana di dalam permainan olahraga futsal tentu haruslah yang pendek. Sementara celana panjang pada umumnya hanya diperbolehkan bagi posisi kiper saja. Pemilihan celana futsal juga bisa menentukan segi kenyamanan pada saat bermain. Pilihlah celana futsal dengan memiliki sirkulasi yang baik serta dapat menyerap keringat layaknya baju futsal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *