Konsep Mobil Hijau

Konsep Mobil Hijau

Adu Konsep Mobil Hijau

Adu Konsep Mobil Hijau

rumahberita.my.id-Dalam beberapa tahun terakhir, pameran otomotif selalu mengusung tema seputar kendaraan ramah lingkungan, tak terkecuali di Indonesia International Motor Show 2012. Isu ini memang sejalan dengan terus melambungnya harga BBM di seluruh dunia.

Faktor lain yang mendorong trend tersebut tentu adalah karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk ikut mengantisipasi dampak perubahan iklim.

Alhasil, apapun jenis mobilnya, baik sedan, SUV, MPV, ataupun kendaraan komersial, apakah mobil mewah ataupun mobil murah, tuntutannya mengerucut ke dua hal, yaitu konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit dan emis gas buang yang jauh lebih rendah.

Tak heran, semua pabrikan belakangan ini semakin intens menggagas konsep mobil ramah lingkungan dengan versinya sendiri-sendiri. Tentu saja, meski harus irit bahan bakar, pasar tetap menuntut mobil dengan performa dan akselerasi yang semakin bertenaga.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, tuntutan tersebut menjadi lebih realistis untuk dipenuhi.Sebagian pabrikan memilih mengembangkan teknologi hybrid sebagai roadmap pengembangan mobil ramahlingkungan, sebagian lain bergerak lebih jauh denganmengusung teknologi elektrik dan fuel cell.

Ada pula pabrikan yang berkonsentrasi meningkatkan efisiensi kendaraan dengan menyempurnakan teknologi mesin konvensional. Kuncinya adalah dengan memperbaiki engine management dan menurunkan bobotkendaraan.

Dil uar beragam alternatif itu, teknologi mesin diesel generasi terbaru ternyata juga cukup menjanjikan performa kendaraan ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Sebagian pabrikan terus berkonsentrasimenyempurnakan teknologi diesel terbaru ini.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya isu mobil ramah lingkungan masih menjadi wacana di Indonesia, pada tahun ini konsep tersebut sudah semakin mendekati kenyataan.

Insentif skema mobil irit dan hijau (low cost and green car/LCGC) yang digembar-gemborkan pemerintah molor. Namun, sebagian pabrikan akhirnya memilih mengambil inisiatif untuk mulai menawarkan konsep mobil irit danmurah tersebut.

Di ajang Indonesia International Motor Show 2012 yang mengusung tema eco-mobility, beberapamodelnya sudah dapat kita lihat bentuknya, sebagianbahkan telah dirilis secara komersial. Berminat? Silakan simak lebih dulu ulasannya di laporan ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published.